10 Anime Genre Slice Of Life Terbaik, Pelajaran Hidup

Hallo sahabat anime lovers sekalian. Begitu banyak genre yang ada di anime, namun ada satu genre yang jadi favorit admin AG akhir2 ini, yaitu genre slice of life.

Genre Slice of life sendiri merupakan genre yang melibatkan penggambaran kehidupan dari satu atau banyak karakter di kehidupan nyata. Sehingga banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari anime slice of life ini karena berhubungan dengan keseharian2 yang juga bisa saja terjadi di kehidupam kita.

Baiklah berikut kesepuluh anime yang sudah bisa sedikit merubah cara berpikir admin selama ini :


1. 3 Gatsu no lion

  • score MAL 9,07

Kiriyama Rei sejak kecil telah kehilangan keluarganya karena suatu kejadian. Apa yang menimpa keluarganya itu telah meninggalkan luka mendalam di hatinya.

Meskipun begitu, Rei yang telah berumur 17 tahun kini hanya ingin fokus menjadi pemain shogi profesional.

Suatu hari Rei yang hidup sendirian di kota Tokyo bertemu dengan 3 perempuan bersaudara yaitu Akari, Hinata dan Momo. Sejak itu kehidupan Rei perlahan mulai berubah.


2. Clannad after story
  • Score MAL : 9,01

Cerita Clannad berkisar tentang Tomoya Okazaki, siswa tingkat akhir SMA yang karena suatu alasan tertentu sangat membenci kota tempat tinggalnya.

Suatu hari, di perjalanan menuju ke sekolah, dia bertemu dengan seorang cewek bernama Furukawa Nagisa.

Tanpa alasan yang jelas, tiba-tiba Nagisa bergumam kalo dia sangat mencintai kota tempat tinggalnya. berbanding 180 derajat dengan apa yang dirasakan Tomoya.

Sejak pertemuan tersebut, Tomoya sadar kalo Nagisa ini punya sesuatu yang tidak ia miliki.

Dia penasaran, sebenernya apa yang membuat Nagisa beranggapan kalau kota tempat tinggalnya itu menyenangkan?

Oleh karena itu, Tomoya memutuskan untuk menghabiskan waktu luangnya bersama Nagisa. Dengan harapan, agar ia bisa mendapatkan jawaban dari pertanyaannya tersebut.

Dari sinilah kisah hidup Tomoya yang ‘sesungguhnya’ pun dimulai.


3. Sora Yori mo tooi basho
  • score MAL : 8,62

Bercerita tentang gadis SMA Tamaki Mari, yang ingin merasakan hal-hal baru melakukan perjalanan dan menikmati masa mudanya. Kemudian sahabatnya Kobuchizawa Shirase, yang ingin mencari Ibunya(seorang anggota ekpedisi penelitian yang hilang di antartika). Mereka pergi ke kutub selatan “Sebuah Tempat yang lebih jauh dari Alam Semesta”. Disana, mereka berjuang dan tumbuh bersama dalam keadaan lingkungan yang ekstrim dan mendapat berbagai pengalaman baru.


4. Violet Evergarden
  • Score MAL : 8,59

Gilbert(Mayornya Violet) secara tak disangka mendapatkan seorang gadis yang memiliki kemampuan tempur luar biasa, sehingga ia pun dipekerjakan di militer.

Gadis tersebut diberi nama Violet Evergerden, dan ia hanya hidup untuk mendengarkan perintah Mayornya.

Namun ketika perang usai, Violet terpisah dari Gilbert, dan ia bingung karena orang yang memberinya perintah tidak ada lagi di sisinya.

Mayor Hodgins, rekan dari Gilbert di militer, membawanya untuk bekerja di Perusahaan Pos C.H.

Di sanalah ia bertemu dengan para amanuensis (orang yang bekerja untuk menulis perkataan orang lain atau menyalin suatu dokumen)

Violet pun tertarik untuk bekerja di sana karena ingin mencari makna dari kata "ai" cinta, kata terakhir yang diucapkan oleh Mayor Gilbert sebelum berpisah dengan Violet.


5. Anohana
  • Score MAL : 8,54

Anohana mengisahkan tentang sekelompok anak yang sewaktu kecilnya bersahabat, namun hubungan mereka merenggang sejak salah satu dari mereka, Honma Meiko (Menma) meninggal dunia.

Hingga suatu hari, Jinta Yadomi bertemu dengan “Arwah Menma”.

Arwah Menma kembail ke dunia karena ada keinginannya yang belum tercapai semasa hidup tanpa mengingat apa keinginannya tersebut. Arwah Menma pun meminta Jinta untuk membantu mencari tahu sekaligus mengabulkan apa keinginannya yang terlupakan itu.

Untuk itu, sekali lagi Jinta harus kembail berinteraksi dengan teman masa kecilnya, yang mungkin bisa menjadi kunci dari keinginan Menma.

Namun itu bukanlah hal yang mudah, karena baik Jinta maupun keempat sahabat masa kecilnya itu memiliki lembaran masa lalu yang tidak ingin mereka ungkit lagi.

Terlebih hal ini menyangkut Menma, salah satu alasan yang membuat hubungan mereka berlima merenggang.


6. Usagi Drop
  • Score MAL : 8,52

Cerita di anime diawali dengan meninggalnya kakek dari Kawachi Daikichi, tokoh utama di anime ini.

Saat ia pulang ke rumah untuk menghadiri pemakaman kakeknya, ia bertemu dengan seorang anak kecil yang tidak ia kenal.

Ibunya menjelaskan bahwa anak itu bernama Kaga Rin, dan merupakan anak kakeknya dari seorang ibu yang tidak diketahui identitasnya.

Meskipun Rin yang masih anak-anak tersebut merupakan anak sang kakek, semua saudara Daikichi tidak ada yang ingin mengurusnya karena dianggap anak lahir di luar pernikahan.

Pada akhirnya, Daikichi memutuskan untuk mengurus Rin sendirian, meskipun ia tak punya pengalaman dalam membesarkan anak.


7. Barakamon
  • Score MAL : 8,47

Anime ini bercerita tentang kisah hidup Seishu Handa, kaligrafer muda berusia 23 tahun yang memiliki masalah dengan kepribadiannya.

Handa merupakan tipikal orang yang mudah depresi, tidak punya teman, dan kadang tidak bisa menahan emosinya.

Hingga Suatu insiden terjadi pada sebuah pameran, seorang direktur pameran yang juga kurator veteran mengomentari karya kaligrafi Handa dengan kata-kata yang pedas.

Tak terima karyanya dikomentari, Handa pun memukul wajah direktur hingga terkapar. Insiden memalukan tersebut membuat Handa depresi dan mendapat kecaman dari berbagai pihak.

Akhirnya sang ayahpun mengirim handa ke Pulau Goto agar dapat menenangkan diri dan memperbaiki sikapnya.


8. Natsume yujinchou
  • Score MAL : 8,39

Natsume Takashi, memiliki kemampuan melihat hal yang tidak bisa orang lain lihat. Dia bisa melihat hal-hal gaib seperti Youkai atau Ayakashi. Suatu ketika dia bertemu dengan seekor kucing yang bernama Madara yang merupakan Ayakashi tingkat tinggi alias kuat.

Natsume memiliki Buku Persahabatan (Yuujinchou) yang didalamnya tertulis nama-nama Ayakashi yang didapatkan oleh neneknya Natsume Reiko, seorang perempuan yang memiliki kemampuan yang sama dengan Natsume. Berbeda dengan Reiko, Natsume berniat mengembalikan nama-nama Ayakashi dalam Buku Persahabatan itu. Bersama dengan Madara yang jadi penjaganya, Natsume mengalami masa-masa dengan Ayakashi lain.


9. Hinamatsuri
  • Score MAL : 8,37

Suatu hari, benda aneh tiba-tiba muncul di atas kepala seorang anggota yakuza yang bernama Nitta. Di dalam benda aneh itu, ada gadis kecil yang bernama Hina.

Hina adalah gadis yang memiliki kekuatan supernatural. Kekuatan Hina bisa digunakan untuk pekerjaan yakuza, tapi resikonya juga sangat besar.

Selain itu, apabila dia tak menggunakannya, kekuatannya justru tak terkendali dan menghancurkan apa pun yang ada di sekitarnya.

Kehidupan Nitta dan Hina yang penuh dramapun dimulai. :)


10. Relife
  •  Score MAL : 8,31

Anime ini bercerita tentang Kaizaki Arata, seorang pemuda berusia 27 tahun yang kesulitan mendapatkan pekerjaan lantaran terlalu cepat keluar dari kantor lamanya.

Nasibnya kemudian berubah setelah ia bertemu dengan Yoake Ryou dari sebuah perusahaan bernama ReLife Research Institute, yang menawarkan ia sebuah obat yang dapat membuatnya kembali ke usianya saat 17 tahun.

Ia kemudian menjadi subjek percobaan selama satu tahun, dimana ia harus kembali menjalani hari-harinya menjadi seorang siswa SMA.

Note: Perusahaan Jepang sangat menjunjung tinggi loyalitas. Jika ada karyawan yang terlalu cepat keluar dari suatu perusahaan maka ia dianggap tidak loyal.

Dan hal tersebut dapat merusak reputasi seseorang ketika melamar di perusahaan baru.


Naah itulah tadi kesepuluh anime yang sangat admin rekomendasikan buat kalian tonton, walaupun sebenarnya masih banyak lagi yang admin favoritkan :( Namun setidaknya kalian harus tonton kesepuluh anime ini guys, semoga setelah menonton bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Hehe :)

Komentar

Populer article

Bukan Hanya Rayleigh, Inilah ke 6 Guru yang Telah mengajari Luffy menjadi kuat sampai sekarang

10 Anime Genre Horror Terbaik, 2 Dekade Terakhir