10 Anime Yang Diangkat Dari Kisah Nyata Anime Lovers Musti Tau

Ketika kamu menonton anime atau membaca manga, kamu mungkin saja mengharapkan pelarian fantasi. Tetapi, tahukah kamu kalau beberapa series berakar dari kisah nyata? Meski bukan sejarah murni, inilah beberapa anime dan manga yang diketahui berdasarkan dari kisah nyata.

1. Bakuman



Duo mangaka Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata memanfaatkan pengalaman mereka membuat seri Death Note di Weekly Shonen Jump untuk membuat Bakuman. Bakuman mengisahkan kerja keras selama berjam-jam menjadi seorang mangaka secara rinci.

2. NHK ni Youkoso!



Tatsuhiko Takimoto mengungkapkan dalam bagian penutup bahwa NHK ni Youkoso diambil dari kisah nyata. Tatsuhiko berjuang melawan rasa depresi dan hidup sebagai hikikomori ketika dia menulis seri ini.
Sedih, sebuah lampiran baru pada tahun 2005 menyatakan bahwa Tatsuhiko sudah tidak bisa menulis cerita baru lagi dan hidup bergantung pada royalti dari NHK ni Youkoso!

3. Hadashi no Gen (Barefoot Gen)



Hadashi no Gen atau Gen si Kaki Ayam dibuat berdasarkan pengalaman Keizi Nakazawa sebagai korban selamat Hiroshima. Kala itu Keiji masih berumur 6 tahun ketika Hiroshima dibom atom dan kehilangan hampir semua keluarganya ketika pengeboman.
Setelah ibu Keiji meninggal tahun 1966, dia mulai mengenang kembali kejadian Hiroshima dalam sebuah serial. Hadashi no Gen adalah karya Keiji yang sudah dikenal di dunia internasiona dan telah diadaptasi kedalam bentuk 2 anime movie dan 3 film live action.

4. Hotaru no Haka (Grave of the Fireflies)



Akiyuki Nosaka berumur lima belas tahun ketima Kobe dimbombardir selama Perang Dunia II. Hotaru no Haka mengisahkan kejadian sebelum, selama dan setelah pengeboman. Studio Ghibli mengadaptasi ceritanya menjadi movie untuk menghapuskan pola pikir dari anak-anak yang menjadi pahlawan perang dan korban selamat dari perang.
Hotaru no Haka ditulis sebagai permintaan maaf kepada anak angkat Akiyuki, Keiko yang meninggal karena kekurangan gizi setelah pengeboman tersebut.

5. Versailles no Bara (The Rose of Versailles)



Versailles no Bara adalah sebuah drama romantis dari Revolusi Prancis. Semua pemain utama, seperti Marie Antoinette ada di sini, dengan nuansa shoujou.
Riyoko Ikeda sebenarnya menginginkan seri ini menjadi biografi untuk Marie Antoinette, tetapi pembaca sangat mencintai Oscar Fracois de Jarjayes, sehingga Oscar menjadi karakter utama.

6. Vinland Saga



Vinland Saga berlangsung ketika Inggris menguasai Denmark. Makoto Yukimura mengambil gambar berserjarah dari era ini menggunakan, The Flateyjarbók, The Saga of the Greenlanders, dan The Saga of Eric the Red.
Manganya menceritakan Raja Besar Cnut yang bangkit dengan kekuatan dan mengkombinasinya dengan usaha penjejelajahan Thorfinn Karleni untuk menciptakan pemukin di Vinland.

7. Vagabond



Cerita Vagabond didasarkan pada kehidupan Miyamoto Musashi, yang merupakan ahli pedang dan seorang ronin. Dipercaya bahwa Miyamoto memenangkan semua 60 duelnya dan membuat sekolah pedang Niten Ichi-ryu.
Takehiko Inoue fokus pada kehidupan Miyamoto ketika masih muda dan menceritakan perjalanannya menuju pencerahan. Vagabond sering hiatus, yang membuat Takehiko bisa melakukan penelitian tentang kehidupan misterius Miyamoto.

8. 17-sai.



Cerita tragis yang didasarkan pada pemerkosaan dan pembunuhan Junko Furuta. 17-sai mengikuti kejadian Sachiko, yang diculik oleh geng dan dipaksa menjadi budak pemenuh nafsu mereka.

9. Kingdom



Kingdom mengangkat kisah Dinasti Qin, sekitar 400 tahun sebelum kisah 3 kerajaan terkenal dimulai. Tepatnya 2 abad sebelum masehi. Ketika itu, dataran China dibagi menjadi 7 negara dan 7 negara tersebut terkurung dalam era peperangan yang tak pernah berakhir. Hingga suatu ketika, muncul raja baru dari Qin bernama Ei Sei yang bermimpi untuk menyatukan dataran China dibawah satu kekuasaan.
Semua cerita yang terjadi di sini disesuaikan menurut catatan dalam sejarah ditambah imajinasi Mangaka-nya tentang bagaimana peristiwa bersejarah itu bisa terjadi.

10. Densha Otoko



Cerita dalam Densha Otoko diangkat dari percakapan-percakapan pada sebuah thread di 2channel, salah satu forum terkenal di Jepang. Kisahnya dengan cepat menjadi viral dan diangkat banyak media, mulai dari film, komik dan novel.
Menceritakan seorang otaku bernama Yamada yang jatuh cinta pada gadis cantik yang dia lihat di kereta ketika dalam perjalanan menuju rumah. Dalam kereta itu, dia juga melihat pria tua mabuk dan menganggu gadis tersebut. Dengan penuh keberanian, dia menolong gadis itu meskipun malah terluka karena dipukul oleh pria mabuk tersebut. Tetapi, gadis cantik itu sangat berterima kasih dan meminta Yamada menuliskan alamatnya. Sesampainya di rumah, dia menuliskan pengalamannya teresebut di sebuah forum bernama Aladdin channel, pada thread khusus untuk pria single.

Itulah 10 anime yang diangkat dari kisah nyata bahkan sampai ada yang di buat live action juga ya.
kalau favorit mimin sih, bakuman sama grave of the fireflies, kalau kalian ?

Komentar

Populer article

10 Anime Genre Slice Of Life Terbaik, Pelajaran Hidup

Bukan Hanya Rayleigh, Inilah ke 6 Guru yang Telah mengajari Luffy menjadi kuat sampai sekarang

10 Karakter Anime Dimana Tokoh Utama Berwatak Antagonis