Beberapa Hal Unik yang Cuma ada di Jepang

Ada beberapa hal di Jepang yang benar-benar mengejutkan. Sebelum pergi ke Jepang, pastikan bahwa kamu tidak kelebihan berat badan, kamu membawa sampah sampah dalam kantong, dan ingat bahwa hanya beberapa orang yang diperbolehkan berenang di kolam renang.

Bersumber dari boredpanda.com (26/02/18) kali ini Noobzilla merangkum beberapa hal unik dari negeri sakura ini:

1. Kamu tidak bisa membeli obat sembarangan



Sebagian besar obat yang bisa dibeli dengan mudah di negara lain hanya bisa dibeli dengan resep di Jepang. Misalnya, obat sesak nafas dan beberapa obat alergi hanya bisa dibeli jika sudah diresepkan oleh dokter.

2. Ada aturan ketat tentang pemberian nama pada anak



Di Jepang, ada peraturan yang sangat ketat mengenai bagaimana kamu bisa menamai anak karena orang Jepang percaya pada kekuatan nama dan fakta bahwa hal itu mempengaruhi nasib seseorang.

Orangtua tidak berhak memilih nama yang nampak ambigu atau negatif. Misalnya, pada tahun 1993, beberapa orang tua ingin menamai anak mereka "Akuma" yang bisa diterjemahkan sebagai "setan." Lalu para orang tua itu dituntut, dan bayinya diberi nama yang berbeda dan lebih "positif".

3. Kamu tidak boleh kelebihan berat badan



Sejak 2008, diterbitkan peraturan baru mengenai standar kesehatan di Jepang. Dengan cara ini, pemerintah berusaha mendorong warganya untuk melawan kelebihan berat badan.

Hukum ini berlaku untuk orang dewasa dengan usia 45 hingga 70 tahun. Bagi pria, ukuran pinggangnya tidak lebih dari 86.36 cm, untuk wanita - tidak lebih dari 88.9 cm. Jika seseorang kelebihan berat badan dan pinggangnya lebih dari pada ukuran yang ditentukan, pemerintah akan memberikan resep bantuan medis khusus untuk mengendalikan berat badan.

4. Kamu tidak boleh merusak uang



Ini adalah peraturan yang sangat aneh: di Jepang, kamu dilarang membuang atau merusak uang. Jika ketahuan, orang tersebut dapat dijatuhi hukuman satu tahun penjara atau denda $ 2.000. Tidak heran apabila uang disana masih tampak baru.

5. Kamu dilarang memproduksi minuman beralkohol


Tidak ada bir buatan sendiri atau anggur. Undang-undang di Jepang melarang produksi alkohol pribadi. Jika kamu melanggar undang-undang ini, kamu mungkin dijatuhi hukuman 5 tahun penjara atau denda $ 5.000.

6. Tidak ada tempat sampah umum


Kamu tidak akan melihat tempat sampah di tempat umum di Jepang. Aturan ini berhubungan dengan kebudayaan masyarakat Jepang yakni sejak kecil orang Jepang diajari untuk menyortir sampah dan membuangnya di rumah. Alasan lain adalah bahwa sejak serangan teroris di kereta bawah tanah Tokyo pada tahun 1995 lalu pemerintah memutuskan untuk menyingkirkan tempat sampah umum agar tidak menjadi tempat menanam bom.

7. Aturan ketat mengenai diskotik


Hukum Jepang mengatakan bahwa kamu tidak boleh menari di tempat-tempat yang lebih kecil dari 65 meter persegi. Apabila kamu berencana membuka klub malam disana, kamu perlu mendapatkan lisensi dansa khusus.

8. Boleh melakukan hubungan seksual setelah berusia 13 tahun



Di Jepang, orang bisa secara resmi memiliki hubungan seksual sejak usia 13 tahun tapi mereka hanya bisa menikah saat berusia 18 tahun.

Sebelumnya, menurut hukum Jepang, anak perempuan bisa menikah pada usia 16, dan anak laki-laki - baru setelah usia 18. Tapi sekarang peraturannya berbeda, dan baik anak laki-laki dan perempuan harus berusia 18 tahun agar bisa menikah.

9. Kamu harus memiliki lisensi untuk memancing



Aturan ini berlaku hanya untuk memancing ikan gembung. Masalahnya jika kamu salah dalam memasaknya, ikan gembung akan menjadi racun yang mematikan bagi manusia. Karena itulah hanya orang yang memiliki lisensi khusus yang bisa menangkap ikan ini dan memasaknya.

10. Kamu dilarang berenang dan masuk ke sauna apabila bertato


Tidak ada hukum formal tentang larangan memiliki tato. Namun, beberapa tanda larangan di tempat umum yangmelarang orang-orang bertato untuk mengunjungi kolam renang dan sauna. Aturan ini berlaku untuk orang Jepang dan turis.

11. Kamu tidak boleh berpartisipasi dalam perang



Pasal 9 Konstitusi Jepang mengatakan bahwa negara tersebut menolak untuk berpartisipasi dalam perang karena mereka menginginkan perdamaian internasional. Tentara mereka hanya disiagakan untuk keamanan nasional negara.

12. Wanita wajib mengenakan bra


Wanita di Jepang harus memakai bra di gedung yang memiliki AC. Undang-undang ini dirancang untuk menghindari pelecehan seksual di tempat kerja.

Sekian dulu ya artikel tentang Negara Jepang, semoga menambah pengetahuanmu :D

Komentar

Populer article

10 Anime Genre Slice Of Life Terbaik, Pelajaran Hidup

Bukan Hanya Rayleigh, Inilah ke 6 Guru yang Telah mengajari Luffy menjadi kuat sampai sekarang

10 Karakter Anime Dimana Tokoh Utama Berwatak Antagonis